Belajar KPIP Itu Mudah Loh !

KPIP atau yang biasa disebut Konsep Pengembangan Ilmu Pengetahuan (bukan "Kuliah Penghancur Indeks Prestasi.. hehe..) adalah mata kuliah yang mengintegrasikan semua ilmu pengetahuan, tidak membagi - bagi ilmu menjadi sekat yang berbeda. Ilmu ini sangat berguna bagi kita untuk melihat dunia tidak hanya dari satu sudut pandang saja, tapi dengan 2,3 atau bahkan dari banyak sudut pandang yang tentu saja berbeda. Hal ini tentunya berguna agar kita mampu melihat sains, ilmu, dan teknologi sebagai satu kesatuan yang utuh dan tidak dibagi-bagi.

Oh ia, hampir lupa nih. Blog ini ditujukan sebagai tugas akhir mata kuliah KPIP. Semoga blog ini dapat membawa manfaat bagi perancang dan pembaca sekalian, karenanya kritik dan saran sangat dibutuhkan bagi blog muda ini. So, selamat menikmati dan jangan lupa baca basmalah dulu yaa... ^_^v

Minggu, 28 November 2010

Kenapa Telur Meledak di Microwave

Telor


Hampir semua orang Indonesia makan telur, ada yg digoreng ceplok, dadar, setengah mateng, disambel balado, dll.
Memasak telur pun juga praktis, modal telur, mentega, sama garem juga dah jadi. Atau direbus dengan air ditambah indomie

Tapi temen2 udah pasti tau, klo telur itu gak boleh dimasak pake microwave karena bisa meledak kayak gini
Berantakan
 Kenapa bisa begitu?
Cara kerja microwave yaitu dengan cara memancarkan gelombang radio berfrekuensi 2,5 Ghz. Sifat gelombang radio dalam wilayah frekuensi ini sangat menarik karena dapat diserap oleh air, gula dan lemak, namun tidak dapat diserap oleh plastik, gelas dan keramik.
Pada saat diserap, hal ini menyebabkan pergerakan atom2 yang kemudian menimbulkan panas.

Cara kerja gelombang radio pada microwave memanaskan makanan yaitu dengan cara menembus secara merata ke dalam makanan yang kemudian menyebabkan air dan molekul lemak di dalam makanan bergerak sampai timbul panas.

Namun gelombang radio pada microwave tersebut tidak dapat menembus secara merata untuk makanan berkulit tebal (tidak bisa sampai ke dalam), contohnya, telur.

Menurut fisikawan di University of Aberdeen, Inggris, Jim Hutchison, telur yg dipanaskan dalam microwave bisa mencapai temperatur yang lebih tinggi dibanding dengan telur yang direbus di dalam air pada 100 derajat Celsius.

Ketika telur dipanaskan, suhu akan menaik, sehingga air di dalam telur, terutama di albumen putih, akan mengeluarkan gas (walaupun putih telur ini adalah albumen yang paling padat). Jika tekanan di dalam telur melebihi kekuatan cangkangnya, telur akan meledak. Walaupun cangkang telur memiliki lapisan yang tebal, tapi cangkang ini mudah pecah.

Aarrgghhh!!!

Spoiler bwt videonya nih! 

Di tunggu comment ya temen2.... \\^0^//